2013/02/24

Manfaat Donor Darah


1. Menyeimbangkan kadar zat besi
Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari donor darah. Menurut penelitian, banyak orang yang memiliki zat besi berlebih yang dikonsumsi melalui makanan. Jadi untuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh, cara yang baik adalah dengan menyumbangkan darahnya. Memiliki terlalu banyak zat besi dalam darah bisa berbahaya bagi jantung.
Perempuan dapat menyeimbangakan kadar zat besi melalui menstruasi. Namun, laki-laki dan perempuan setelah menopause perlu menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh mereka.
2. Dapat tes kesehatan gratis
Sebelum melakukan donor, sejarah kesehatan seorang pendonor pasti diperiksa terlebih dahulu. Ada keuntungan di balik pemeriksaan ini, sebab Anda secara tidak langsung mendapat tes kesehatan gratis untuk mengetahui kondisi tubuh sendiri.
3. Menurunkan risiko kanker
Keseimbangan zat besi setelah donor darah ternyata juga menurunkan risiko penyakit kanker. Khususnya kanker yang menyerang usus besar, paru-paru, hati dan tenggorokan.
4. Mengontrol tekanan darah
Manfaat kesehatan berikutnya dari donor darah adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui, darah tinggi mampu memicu berbagai penyakit. Jadi untuk mengurangi risiko tersebut, alangkah baiknya jika Anda rutin melakukan donor.
5. Menurunkan kolesterol
Sel darah mengandung kolesterol, baik jahat maupun baik. Namun jika Anda adalah seseorang yang rutin mendonorkan darah, kolesterol jahat dalam darah tersebut jumlahnya akan menurun.
6. Membantu tubuh saat kekurangan darah
Terbiasa melakukan donor juga bisa membantu tubuh ketika kekurangan darah. Sebab ketika donor, darah akan berkurang dan berusaha mengisi kekosongan. Tubuh yang terbiasa bertahan dengan kondisi tersebut pun cukup menguntungkan jika suatu saat Anda mengalami kekurangan darah akibat luka atau cedera serius.
sumber : http://esq-news.com/2013/berita/01/10/6-manfaat-donor-darah.html

1 komentar:

  1. Titanium White Paint by Alderberry (Capsicum chinense)
    revlon titanium max edition tags titanium engagement rings › titanium-white-paint grade 23 titanium › tags cost of titanium › titanium-white-paint apple watch series 6 titanium Explore these Tithorite Paint ideas from Alderberry on Tithorite Paint.

    BalasHapus